Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Konsumi Madu?

Madu tidak boleh dikonsumsi bayi berumur dibawah setahun, itu benar. Namun bagi bunda yang sedang mengandung atau menyusui hal ini hanyalah MITOS. Mengonsumsi madu mentah tidak akan membuat janin dalam kandungan atau ASI terkontaminasi botulisme.

Sebelum membahas dan mengetahui penjelasan dari dokter kandungan, apakah madu untuk ibu hamil diperbolehkan atau tidak, penting untuk diketahui lebih dahulu, bahwa madu tersusun dari glukosa, fruktosa dan air.

pregnant, child, pregnancy-1305536.jpg

Di samping itu, madu juga mengandung beberapa nutrisi yang memang dibutuhkan tubuh, termasuk bagi ibu hamil. Mulai dari vitamin, protein, kalsium, tembaga, ribofalvin, zat besi, megnesium, potasium, zinc, dan niasin.

Mengingat kandungan nutrsi yang terdapat dalam madu memang sangat banyak, artinya madu memang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Hal ini pun ditegaskan oleh dr. Yusfa Rasyid SpOG dari RS. YPK Mandiri, Menteng. “Iya, madu memang boleh dikonsumsi ibu hamil. Kenapa tidak? Apalagi kalau mengingat kandungan madu memang baik,” ujarnya saat dihubungi theAsianparent Indonesia.

Lebih lanjut dr. Yusfa juga menegaskan bahwa ibu hami boleh mengonsumsi madu, bahkan sejak hamil muda atau di trimester awal.

Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil yang mengonsumsi madu adalah, bisa meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan madu mengandung vitamin C dan B, termasuk senyawa penting lainnya seperti kandungan zat besi.

Baca juga Artikel lainnya : 9 Fakta Menarik Madu

Tak hanya itu, madu juga bisa bermanfaat sebagai sumber kalori karena kandungan sukrosa yang terdapat dalam madu. Termasuk ada kandungan karbohidrat kompleks, serta kandungan senyawa lain yang penting seperti vitamin.

Namun, dr. Yusfa juga mengingatkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ibu hamil ingin mengonsumsi madu.

“Madu juga jangan terlalu banyak dikonsumsi setiap harinya. Paling tidak satu sendok saja sudah cukup. Madunya juga pilih madu alami dengan kualitas bagus. Pastikan madu yang dikonsumsi bukan madu mentah, tapi yang sudah diolah,” ujarnya.

Hanya itu? Tentu saja tidak. Jika Bunda sedang batuk atau mengalami sakit tenggorokan, madu juga bisa dimanfaatkan untuk meredakannya. Gunakan madu yang dicampur dengan dengan teh hangat serta lemon.

Madu pun bisa membantu masalah sulit tidur yang kerap dirasakan bumil. Caranya, sebelum tidur Bunda bisa mengonsumsi madu yang dicampur dengan susu.

Nah itu dia sobat pecinta madu, kita tahu ya sekarang bahwa madu itu boleh dan bahkan  dianjurkan untuk dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.
Itulah informasi mengenai konsumsi madu bagi ibu hamil, semoga informasi di atas bermanfaat ya, Sobat Madu!.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja