9 FAKTA MENARIK DARI MADU

honey, jar, honey dipper-823614.jpg

Jika yang kamu ketahui tentang madu selama ini hanya sebatas banyak manfaat dan khasiat, kamu sudah cukup benar. Namun, kamu juga perlu ketahui banyak fakta menarik dari madu yang belum banyak diketauhi oleh orang banyak. Kira-kira apa saja ya Fakta menarik tentang madu? Berikut ini adalah fakta tentang madu yang perlu kamu ketahui.

Yuk baca artikel ini sampai selesai.

1.       Madu pernah digunakan sebagai alat pembayaran.

Pada tahun 3.000 sebelum masehi masyarakat Mesir kuno telah menjadikan madu sebagai bahan domestik dalam keperluan rumah tangga. Pada masa itu, nilai madu sangatlah tinggi, bahkan digunakan sebagai alat pembayaran. Pada zaman mesir kuno, madu juga kerap kali digunakan sebagai pengawet mayat para bangsawan yang disimpan di dalam piramida.
 

2.       Madu tidak pernah basi, dan bisa bertahan 3000 tahun lamanya.

Saat penggalian pyramid yang telah berumur lebih dari 3.000 tahun, ditemukan madu di samping mummi. Kondisi madu tersebut masih baik dan tidak rusak. Hal ini menunjukkan bahwa madu tidak pernah basi dan bisa disimpan sampai beribu-ribu tahun. Hal ini karena kandungan air dalam madu sangatlah rendah sehingga bakteri pembusuk tidak sempat hidup di dalamnya. Di samping itu, keasaman (pH) madu berkisar antara 3,2-4,5. Tingkat keasaman ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri. Madu yang disimpan di dalam wadah kedap udara tidak akan pernah basi.

 
3.       Madu dapat Mempercepat Penyembuhan Luka.

Ketika terjadi luka gores pada kulit, kamu tentu cepat mencari obat merah atau obat luka untuk memberhentikan pendarahan dan menyembuhkan luka. Padahal, kamu bisa menggunakan madu untuk mempercepat penyembuhan luka. Di dalam madu, terdapat zat antimikroba yang membersihkan luka dan menstimulasi pertumbuhan lapisan kulit untuk menutup luka. BBC melaporkan bahwa dokter di  berencana untuk menggunakan madu untuk mempercepat pemulihan pasien kanker selepas operasi.
 

4.       Madu menghilangkan Insomnia bagi ibu hamil.

Madu juga baik untuk digunakan oleh ibu hamil untuk menghilangkan insomnia yang seringkali mendera ibu hamil. Momjunction menyebutkan bahwa mengonsumsi susu yang dicampur madu sebagai pemanis mampu membantu menghilangkan insomnia pada ibu hamil. Walaupun disebutkan mengandung spora yang dapat menginfeksi bayi, para ahli menyanggah dengan mengatakan bahwa madu aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Baca juga Artikel tentang : Mitos Madu dan Faktanya! 
 

5.       Madu tidak memiliki kadar lemak.

Madu diketahui tidak mempunyai kadar lemak yang terkadang sering menjadi masalah bagi mereka yang punya masalah soal berat badan. Healthline menyatakan bahwa dalam satu sajian madu tidak memiliki kadar lemak sehingga bisa dijadikan bahan makanan yang bantu untuk diet dan mengontrol berat badan. 
 

6.       Madu tidak berasal dari Lebah Madu.

Salah satu salah kaprah yang terdapat di masyarakat adalah madu dihasilkan oleh lebah, seperti halnya susu dihasilkan oleh sapi ataupun kambing. Faktanya, madu merupakan nektar bunga yang dikumpulkan dan dihasilkan lebah-lebah madu yang kemudian dimasukan di sarang lebah. Di sarang inilah, terjadi beragam proses yang nantinya akan menghasilkan madu yang sering kamu nikmati saat ini. 
 

7.       Rasa madu berbeda-beda.Madu memiliki rasa yang berbeda-beda. 

Hal itu dikarenakan perbedaan bunga yang diisap oleh lebah. Selain rasa, warna madu juga dibedakan berdasarkan jenis bunga.
 

8.       Madu dapat mengatasi permasalahan pada kulit wajah.

Lupakan berbagai pembersih mahal yang dijual di pasaran jika Anda berusaha menyembuhkan jerawat. Cukup gunakan masker madu dan diamkan beberapa menit sebelum dibilas. Jerawat sedikit demi sedikit akan berkurang. Selain jerawat madu juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kusam, berminyak dan masalah kulit lainnya.
 

9.       Madu sebagai Penenang.

Jika Anda merasa cemas, gugup, atau insomnia, Anda juga bisa mengonsumsi madu. Menikmati madu mampu memberi efek menenangkan pada tubuh. Ajaibnya, madu juga ampuh menambah energi jika Anda merasa begitu kelelahan.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang madu. Ternyata banyak sekali fakta menariknya yang belum kita ketahui. Bahkan, fakta diatas adalah sebagian kecil dari banyaknya fakta menarik tentang madu.

Jadi, poin mana nih yang kamu juga baru tau? 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja