skip navigation

Artikel/Konsultasi

Home / Artikel/Konsultasi

Komitmen Membangun Komunitas Peduli Pola Hidup Sehat Alami, Untuk Dunia Lebih Baik

JENIS-JENIS LEBAH MADU

Posted on 09 Juni 2020 by Administrator

Siapa yang tidak mengenal lebah? Salah satu produknya menjadi konsumsian terbaik yang sering kita gunakan sebagai suplemen yang banyak sekali manfaat dan khasiatnya.

Lebah banyak menghasilkan produk bermanfaat selain madu. Yaitu, ada royal jelly, lilin lebah, dan juga propolis yang memiliki manfaat tersendiri. Selain produk lebah, ternyata lebah juga banyak jenisnya loh, yuk kenali jelnis lebah yang ada di Indonesia berikut ini;

Apis Dorsata

Lebah madu yang satu ini hanya bisa ditemukan di daerah hutan tropis dan sub tropis Asia termasuk di Indonesia. Apis dorsata sendiri saat ini belum bisa dibudidayakan sehingga produksi madu yang dihasilkannya harus diambil langsung dari hutan.

Dibandingkan dengan jenis lebah madu yang lain, Apis dorsata memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan memiliki sengatan yang lebih menyakitkan.

Apis dorsata biasa membuat sarang lebah di cabang pohon. Pada satu koloni sarang lebah, diperkirakan ada sekitar 15-25 kg madu yang bisa diproduksi per tahunnya.

Apis Mallifera

Dibandingkan dengan jenis lebah madu yang lain, Apis mellifera merupakan lebah madu yang paling difavoritkan dikalangan peternak lebah.

Selain dapat beradaptasi dengan cepat, produksi madunya juga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lebah madu yang lain dan dapat mencapai 35-40 kg per tahunnya.

Apis mellifera sendiri memiliki beberapa sub jenis yang sangat popular diantaranya Apis mellifera mellifera, Apis mellifera lingustica, Apis mellifera carnica, dan Apis mellifera caucasia.

 

Apis Florea

Anda pasti tidak asing dengan sebutan tawon. Tawon sendiri merupakan nama umum yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk lebah Apis florea. Tawon sendiri termasuk kedalam lebah madu liar yang tidak dibudidayakan.

Produksi madu dari Apis florea juga tergolong lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lebah madu yang lain. Di pasaran, madu yang diproduksi oleh Apis florea lebih dikenal dengan sebutan madu lanceng.

 

Apis Cerana

Apis cerana merupakan salah satu jenis lebah madu yang bisa dibudidayakan. Lebah ini biasanya dibudidayakan dengan menggunakan kotak (stup) khusus lebah. Madu yang dihasilkan oleh Apis cerana dapat menghasilkan produksi madu sebanyak 2-5 kg per tahun.

Walaupun dapat dibudidayakan, namun produksi madu yang dihasilakn oleh Apis cerana dipandang kurang produktif. Selain itu lebah yang satu ini juga memiliki sifat ganas sehingga agak sulit untuk dibudidayakan.

 

Nah, itu dia jenis-jenis Lebah yang ada di Indonesia. Kalo boleh tau, kamu suka sama lebah yang mana?

KLIK untuk Chat
Chat via Whatsapp